Sabtu, 31 Oktober 2015

Ini Rahasia buah Mangga mulai Ranum Bulan Oktober

Mengapa buah mangga umumnya mulai ranum bulan Oktober, bulan ketika musim berganti dari kemarau ke penghujan?
Salah satu rahasianya, karena buah mangga dapat membantu menyembuhkan influenza.


Hidangan buah mangga (Taipa Kanre Jawa) ranum
di Rumah Hijau Denassa (RHD), foto: Darmawan Denassa.


Pergantian musim baik penghujan ke musim kering atau sebaliknya dikenal luas dengan istilah pancaroba. Pada saat-saat seperti ini sebagian dari kita akan menderita influenza dan demam karena cuaca yang tidak menentu. Sebentar panas terik melanda, beberapa saat kemudian turun hujan. Agar terhindar dari penyakit yang mudah menular ini kondisi tubuh harus terjaga dengan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi khususnya makanan yang banyak mengandung vitamin C. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh dengan vitamin C makan buah mangga dapat menjadi solusi, karena dalam daging buah mangga antara lain terdapat vitamin C yang tinggi, selain mengandung vitamin A, karbohidrat, betakaroten, serat, dll. 

Kandungan buah mangga memang dikenal berkasiat membantu menyembuhkan beberapa penyakit, selain influenza makan buah mangga juga membantu meredakan gangguan pengelihatan, gusi berdarah, diare, hernia, dan rematik.  

Manfaat lain yang diperoleh dengan mengkonsumsi buah mangga bisa membantu meningkatkan kesehatan karena mengandung anti oksidan. Makan mangga juga akan meningkatkan nafsu makan, dan lebih hebat lagi bisa mencegah kita terkena kanker.  

Makan buah mangga paling nikmat jika bersama-sama (Foto: Amila)
Jadi, tunggu apalagi? Dari pada membeli buah import yang harganya jauh lebih mahal lebih baik makan mangga, bermanfaat dan mudah ditemukan. Supaya manfaat yang diperoleh optimal pilih mangga yang masak secara alamiah. Jika terpaksa makan buah mangga yang diperam sebaiknya buah yang masak  tanpa bantuan karbit dan tentu saja lebih baik lagi jika mengkonsumsi buah yang ranum di pohonnya. (Darmawan Denassa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar