Senin, 23 Mei 2011

Outing Class di Rumah Hijau Denassa diikuti 100 Siswa

Empat kelas dari siswa kelas IV dari tiga sekolah berbeda masing-masing SDN Bontorikong, SDN Rappokaleleng, dan SDN Kalase’rena mengunjungi Rumah Hijau Denassa (RHD) di Borongtala, Tamallayang, Bontonompo untuk mengikuti kegiatan Outing Kelas. Kegiatan ini bertujuan mengajarai peserta didik untuk berinteraksi dengan peserta didik lain dari sekolah berbeda untuk mengajari mereka bersosialisasi dan saling mengenal sejak dini.

Dalam kegiatan ini peserta juga diajari mengenali jenis sampah dan bagaimana memperlakukannya. Mereka diajari mencintai lingkungan dengan menjaga kebersihan mulai di sekitar sekolah, jalan yang dilalui dari sekolah ke lokasi kegiatan, hingga selama di RHD.

Sambil bermain peserta diajak belajar dengan matero sosionetworking dimana peserta mencari teman dari sekolah yang berbeda. Dalam pelaksanaan kali ini peserta sudah tidak canggung lagi. Tidak seperti hari pertama mereka bertemu (Ahad, 22/5/2011) dimana mereka masih malu-malu. Peserta kemudian menggambarkan impiaannya, dimana sebagian besar memilih menggambar rumah yang mereka impikan. Sebagian besar peserta menggambar pohon-pohon yang mncerminkan keadaan sekitar RHD.

Peserta Outing Class kali ini diikuti 100 orang dimana semuanya kelas IV, jumlah ini lebih banyak dibanding pelaksanaan sebelumnya yang hanya mencacapi 60 orang. Setelah bermain di halaman belakang RHD selama tiga jam sejak pukul tujuh pagi dilanjutkan ke halaman depan memperlajari tanaman. Mereka diajar jenis-jenis tanaman, nama lokal hingga nama latin, fungsinya, dan pandangan masyarakat pada tanaman itu. Peserta kemudian kembali ke halaman belakang untuk makan bersama. Para peserta membawa bekal yang disiapkan dari rumah, terlihat para peserta mengikuti anjuran penggagas RHD, Darmawan Denassa agar mereka cukup membawa makanan yang disiapkan orang tua mereka dengan air minum dari air putih. Setelah seluruh peserta makan, dilanjutkan dengan kunjungan ke Perpustakaan Denassa. Kunjungan ke perpustakaan pmerupakan sesi terakhir dari kegiatan hari ini. Para peserta masih berharap diundang berkunjung ke RHD dan belajar bersama dengan beberapa teman seusia mereka.

Indah salah seorang peserta didik dari Kalase'rena bertanya kapan lagi diundang, anak usia sembilan tahun ini merasa senang karena pelajaran yang diperoleh seiring dengan materi di sekolah, namun diberikan dengan cara yang lebih menarik karena diikuti interaksi dengan sekolah lain dan menggunakan media yang bisa lebih mudah dipahami.

Kegiatan ini akan dilanjutkan pada hari Rabu (25/5/2011) dengan materi pengenalan lanjutan pada tanaman. “Ketika mengajak mereka untuk berkunjung ke RHD mereka sangat senang. Antusiame mereka ikut dipengaruhi pada materi dan media ajar dan suasana yang berbeda, setiap kami mengunjungi sekolahnya mereka selalu minta diajak jalan sambil belajar” Darmawan Denassa pendiri RHD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar